Anak Nggak Mau Makan? Coba Cek Makanannya Deh, Bun

Saat makan anak suka muntahin makanannya atau cuma diemut aja, habis itu makanannya dikeluarin lagi atau dilepeh. Duh yang begini nih sering bikin pusing. BESTPROFIT

“Anak tidak mau makan pasti ada sebabnya. Coba pergi ke dokter dan jangan langsung kasih vitamin, coba tanya anak mau makan apa,” papar dr Damayanti Rusli S, SpA(K) PhD.

Menurut dr Damayanti, ketika anak berusia 6 bulan coba cek MPASI mereka dan telisik lagi gimana makanannya. Karena kadang, anak ada yang tahu rasa makanan lho. Alhasil, ketika mereka diberi makanan yang rasanya hambar nggak mau makan deh.

Dalam acara ‘Peringatan Hari Gizi Nasional 2018, Stunting dan Gizi Buruk Tantangan Mewujudkan Indonesia Emas 2045’ di Kantor Kemendikbud, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Selasa (23/1/2018), dr Damayanti menjelaskan anak sudah dapat merasakan rasa sejak mereka dalam kandungan. Tahu nggak, Bun? Air ketuban ibu saja sudah ada rasanya lho bagi janin.

“Ketika ibu makan berbagai macam jenis makanan, anak dalam kandungan sudah bisa merasakan rasanya. Maka nggak heran ketika ia lahir dan sudah masuk usia MPASI lalu makanan hambar jelas mereka nggak mau makan, ya sudah akhirnya nyusu aja,” tutur dokter yang merupakan anggota UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik PP IDAI ini.

Artinya, ketika memberi makanan ke anak, kita cicipi juga, Bun, enak atau nggak. Yuk kita rasakan dulu sebelum kasih ke anak, dengan begitu kita bisa menilai sendiri kenapa anak susah makan.

“Karena bayi merasa makanan nggak enak ya sudah nyusu ASI aja karena apa yang ibu makan juga berpengaruh ke rasa ASI, nah itu yang bikin berat badan turun,” papar dr Damayanti.

Apalagi di Indonesia, aneka bumbu alami banyak digunakan dalam masakan. Selama nggak berlebihan, boleh-boleh aja kok kita kasih anak makanan yang kita buat sendiri di rumah dengan bumbu yang beraneka ragam.

“Tiap anak itu beda-beda. Nah orang tua coba cek dan lihat keadaan anaknya, buat masakan dengan berbagai rasa,” tutur dr Damayanti.

Pesan dr Damayanti ketika anak nggak mau makan jangan langsung dikasih vitamin atau lainnya ya, Bun, karena belum tentu kandungannya sama seperti makanan asli. “Sumber makanan yang baik adalah tinggi protein hewani, ini juga bisa nambahin tinggi badan anak. Sederhananya lihat aja di sekeliling kita nggak perlu impor,” papar dr Damayanti.

Jadi, Bunda, kalau kata dr Damayanti percaya deh anak bisa makan dengan gizi yang cukup sambil didoakan dengan kasih sayang. Terus yang perlu diingat, tercukupinya gizi anak bukan tanggung jawab seseorang tapi tanggung jawab kita semua. Jadi, yuk sama-sama mulai perhatikan asupan anak, apakah sudah memenuhi kebutuhan gizinya atau belum.

Advertisements

Tersingkir dari Liga Champions Asia, Bali United Perlu Asah Finishing

Bali United terhenti di babak playoff Liga Champions. Laskar Serdadu Tridatu pun mempunyai pekerjaan rumah untuk mengasah penyelesaian akhir.

Saat menjalani pertandingan melawan Chiangrai United di Stadion Singha, Selasa (23/1/2018) malam, Bali United kalah dengan skor akhir 1-2. Laga itu berjalan sampai babak tambahan waktu. BESTPROFIT

Akarawin Sawasdee menjadi pencetak gol pertama Chiangrai United di menit keempat babak tambahan. Pathompol Charoenrattanapirom menggandakan keunggulan tim tuan rumah di menit 105. Bali United membalas sekali lewat Ilija Spasojevic.

Soccerway mencatat bahwa ada dua tendangan Bali United yang mencapai sasaran, tapi hanya satu berbuah gol. Sementara itu, Chiangrai United menceploskan bola ke gawang dalam dua tendangan on target.

Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, menegaskan bahwa tim asuhannya kurang bisa memanfaatkan peluang hingga akhirnya menelan kekalahan.

“Kami mau memenangkan pertandingan tetapi hasil berbicara lain. Kami sudah maksimal, ya itulah sepakbola. Apalagi lawan yang dihadapi bermain di home, jadi dia hafal dengan situasi suasana di dalam lapangan dan bisa memanfaatkan peluang,” ujar Widodo kepada pewarta.

“Jadi kenapa kami bisa kalah karena lawan bisa memanfaatkan peluang untuk bisa menjadi gol,” katanya menambahkan.

Ini Dia! Pemenang Kontes Foto Registrasi SIM Card

Kamu sudah registrasi SIM Card dan ikutan kompetisi fotonya di detikINET? Cek di sini, siapa tahu kalian pemenangnya.  BESTPROFIT

Setelah melalui proses penjurian yang cukup panjang, akhirnya terpilih 5 pemenang Kontes Foto Registrasi SIM Card yang di adakan 30 November 2017 – 6 Januari 2018.

Program ini sendiri merupakan kolaborasi antara detikINET dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Berbagai keseruan saat melakukan registrasi SIM Card sudah masuk ke redaksi beserta alasan untuk melakukan registrasi.

Tak perlu berpanjang-panjang lagi, ini dia yang berhasil menjadi pemenang:

Juara 1 – Samsung Galaxy S8

@gemgemas (Syahda Gema Vidya)

Juara 2 – Sony A6000

@engkusksmn (Engkus Kusmana)

Juara 3 – Voucher Belanja @Rp 2 juta

@syikru (Ahmad Syikru Rohman)
@fotonya_ag (Andaru Grow)
@la_junta (Fillias Junta)

Untuk para pemenang di atas, akan dihubungi langsung oleh detikcom ke email yang terdaftar saat pendaftaran di microsite. Harap para pemenang mengecek dan membalas langsung email tersebut.

Selamat untuk para pemenang dan terima kasih untuk semua peserta yang sudah mengikuti Kontes Foto Registrasi SIM Card. Baca dan ikuti terus program-program dari detikcom. Siapa tahu kalian yang beruntung selanjutnya

Penulis Fantasi Amerika Ursula K Le Guin Meninggal Dunia

Penulis fantasi dan fiksi ilmiah Ursula K Le Guin dikabarkan meninggal dunia. Penulis asal Amerika itu tutup usia di 88 tahun.

Lewat akun Twitter @ursulaleguin, kabar duka tersebut dibenarkan. PT BESTPROFIT

“Keluarga Ursula K Le Guin sangat sedih untuk mengumumkan kabar kematiannya yang damai kemarin siang,” tulis akun tersebut seperti dikutip detikHOT, Rabu (24/1/2018).

Buku-buku Le Guin banyak menyulap cerita fantasi fiksi. Ceritanya menyulap naga dan penyihir dengan pesawat ruang angkasa untuk mengatasi masalah ras, jenis kelamin, dan kelas sosial masyarakat.

Sepanjang kariernya sebagai penulis, dia telah menulis lebih dari 20 novel dan 100 cerita pendek yang terjual jutaan kopi di seluruh dunia. Karyanya terkenal yakni seri Earthsea dan buku science-fiction ‘The Left Hand of Darkness’.

Dalam sebuah wawancara, dia pernah mengatakan tema-tema tentang kelas menengah perkotaan yang dia hindari selama ini.

‘Saya cenderung menghindari fiksi tentang orang-orang kelas menengah perkotaan yang disfungsional dan ditulis dalam masa sekarang ini,” ujarnya dilansir dari BBC.

Dia pun memenangkan sejumlah penghargaan Nebula dan fiksi ilmiah Hugo. Dia juga menerima Medali Newberry, penghargaan tertinggi untuk literatur anak-anak Amerika dan National Book Foundation Medal for Distinguished Contribution to American Letters.

Novel pertamanya ‘Rocannon’s World’ terbit pada 1966. Dia menikahi sejarawan Charles Le Gun dan mendapatkan tiga anak.

Kementerian ESDM Revisi Neraca Gas RI

Kementerian ESDM saat ini tengah merevisi Neraca Gas Bumi Indonesia (NGI) periode 2017-2035. Penyempurnaan ini memperhitungkan data-data terbaru, termasuk adanya penambahan suplai dari lapangan-lapangan gas dan penyesuaian terhadap volume gas bumi yang dapat diproduksikan serta kebutuhan.

“Sekarang (NGI) lagi direvisi untuk cara penyajiannya dan disesuaikan atau direvisi data-datanya sesuai dengan data terakhir,” ujar Direktur Pembinaan Usaha Migas Budiyantono dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (24/1/2018). PT BESTPROFIT

Dia menjelaskan, data terkini yang dimasukkan dalam revisi NGI, antara lain adanya rencana produksi dari Lapangan Jambaran Tiung Biru serta peningkatan kapasitas produksi Lapangan Jangkrik.

“Jadi ada data mengenai realisasi sekarang seperti apa atau eksisting. Kemudian projected, maksudnya PoD (rencana pengembangan) sudah disetujui dan proyeknya mulai jalan. Juga data migas yang potensial atau siap dikembangkan,” paparnya.

Demikian pula dengan data kebutuhan, disajikan sesuai dengan kondisi terbaru, termasuk penyesuaian dengan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

Lebih lanjut, Budiyantono menjelaskan, berdasarkan evaluasi NGI tahun 2016, juga terdapat masukan agar penyajiannya diubah sehingga dapat langsung dimengerti oleh masyarakat.

“Datanya sih it’s oke, cuma penyajiannya yang kurang bisa langsung dimengerti oleh publik. Ini kita sempurnakan,” imbuh Budiyantono.

Direncanakan revisi NGI dapat rampung pada akhir bulan ini. “Sekarang lagi intensif (dibahas). Pak Wamen (Arcandra Tahar) minta untuk segera diselesaikan,” tambahnya

Ini alasan pendanaan infrastruktur lewat pasar modal lebih baik dibanding perbankan

Presiden Joko Widodo telah meminta semua pihak untuk lebih kreatif dalam mencari sumber pendanaan dan skema pembayaran proyek infrastruktur, salah satunya melalui pasar modal. PT BESTPROFIT

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo di sela-sela acara Pertemuan Tahunan Industri Keuangan yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Ritz Carlton Hotel, Kamis malam (18/1).

“Presiden minta infrastruktur enggak cuma ke APBN maka arahnya kita ke pasar modal supaya jangka panjang bukan bank yang pendek, klaster dan KUR cost of funding enggak cuma satu digit tapi 10-11 persen,” kata Mardiasmo.

Mardiasmo menilai pendanaan melalui pasar modal lebih menguntungkan dibanding perbankan. Karena, dana melalui perbankan saat ini hanya dikhususkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyaluran kredit.

“Pemerintah mengarahkan pendanaan infrastruktur ke pasar modal supaya jangka panjang, kalau bank itu cuma jangka pendek. Bank juga sedang diharapkan fokus mendanai kegiatan usaha masyarakat agar bertumbuh hingga 11 persen,” ujarnya.

Selanjutnya, Mardiasmo memastikan pemerintah akan gencar melakukan pengawasan yang terintegrasi. Agar imbal hasil dari pasar modal mampu dimanfaatkan secara baik.

Sementara itu, pemerintah juga telah memprakarsai berbagai skema pencairan melalui non tunai. Ini bertujuan untuk mendorong penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Salah satu contohnya adalah dana desa yang mewajibkan 30 persen untuk pemberian upah tenaga kerja yang diberdayakan untuk pembangunan daerahnya dengan memaksimalkan seluruh sumber daya daerah tersebut.”

Kemelut mahar Rp 200 miliar bikin Hanura bergelut

Oesman Sapta Odang (OSO) dengan penuh emosional mengkonfirmasi kepada sang sekjen Hanura Sarifuddin Sudding tentang isu penggelapan dana Pilkada serentak 2018. Muncul kasak kusuk di internal bahwa duit hasil persiapan pemilu kepala daerah dikuasai OSO seorang diri. Wakil Ketua MPR itu disebut tidak transparan mengelola dana partai.

OSO marah saat menanyakan isu penggelapan uang itu kepada Sudding. Sudding dipanggil ke kantor Hanura City Tower, Thamrin, Jakarta, pekan lalu. Pembahasan berjalan alot, keduanya saling adu argumen tak ada yang mau mengalah. Hingga akhirnya, OSO secara lisan memutuskan untuk memecat Sudding dari jabatan sekjen. BEST PROFIT

Prahara pecahnya Hanura muncul ke publik pada Senin 15 Januari lalu. Sarifuddin Sudding bersama dengan para petinggi partai lainnya, Soebagyo HS, Nurdin Tampubolon, Dadang Rusdiana menggelar rapat di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan. Keputusan sudah bulat, melengserkan OSO dari jabatan ketua umum.

Kubu ini mengklaim didukung 27 DPD Hanura dan ratusan pengurus DPC. OSO dinilai telah melanggar AD/ART partai dan pengurus daerah telah mengajukan mosi tidak percaya. Marsekal Madya Daryatmo pun ditunjuk sebagai plt ketua umum untuk melakukan persiapan munaslub.

Di hari yang sama, OSO dan para loyalisnya menggelar rapat verifikasi faktual di Hotel Manhattan, Jakarta. Selain bahas verifikasi, rapat di situ juga menyinggung tentang isu mahar Pilkada serentak 2018 yang nilainya mencapai Rp 200 miliar.

Dalam rapat tertutup, OSO marah disebut menggelapkan uang. Dengan gayanya yang meledak-ledak, OSO menegaskan, dirinya orang berduit dan tak mungkin memalak para calon kepala daerah yang ingin mencalonkan diri sebagai kandidat di Pilkada 2018. Apalagi memakan uang partai untuk kepentingan pribadi.

Seorang sumber yang hadir dalam rapat itu mengungkapkan, OSO merasa difitnah. Salah satu orang yang disebut menyebarkan isu itu adalah Sudding. OSO juga telah menelepon Ketua Dewan Pembina Hanura Wiranto. Dia menanyakan, berada di kubu mana Menko Polhukam itu. Namun dari penjelasan di telepon, Wiranto hanya memihak kepada AD/ART partai.