Angka Kecelakaan Pelajar Tinggi, Polres Garut Blusukan ke Sekolah

Kepolisian Resor Garut Jabar, gencar blusukan ke sekolah-sekolah untuk memantau kondisi para pelajar. Hal tersebut guna mencegah berbagai kenakalan remaja yang kerap terjadi. PT BESTPROFIT

Salah satu kenakalan para remaja di Garut yang kerap terjadi adalah menggunakan kendaraan bermotor tanpa izin atau tidak dilengkapi surat-surat. Hal tersebut yang menyebabkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Garut. BEST PROFIT

“Tingkat kecelakaan di Garut sendiri untuk pelajar lumayan (tinggi). 40 sampai 45 persen pelajar atau anak di bawah umur yang kecelakaan,” ungkap Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di SMAN 6 Garut, Jalan Guntur Malati, Tarogong Kidul, Kamis (1/2/18) siang. BESTPROFIT

Para pelajar, sambung Budi, kebanyakan nekat berkendara tanpa izin dengan alasan jarak antara sekolah dan rumah cukup jauh. Tidak adanya angkutan yang memadai juga menjadi penyebabnya.

“Sudah kami tegaskan, pihak sekolah juga sudah membuat peraturan para pelajar tidak boleh menggunakan kendaraan roda dua maupun empat di bawah umur. Tapi tetap banyak, untuk itu kita tekankan lagi,” ujar dia.

Budi menegaskan pihaknya tetap melarang para pelajar menggunakan kendaraan bermotor jika belum memiliki izin. Namun, pihaknya akan memfasilitasi para pelajar berprestasi untuk membuat surat izin mengemuda (SIM).

“Kalau ada siswa berprestasi, kemudian sudah memenuhi syarat untuk membuat SIM, kita akan fasilitasi. Itu sebagai reward dari kita. Maksudnya jadi pelajar termotivasi untuk berprestasi, bukan untuk cepat-cepat bisa naik motor,” ujar dia.

Untuk itu, polisi kemudian gencar mendatangi sekolah-sekolah di Garut. Selain memberikan edukasi terkait etika berkendara dan permasalahan lalu lintas, polisi juga menyampaikan sejumlah permasalahan lain.

“Kenakalan remaja itu banyak. Geng motor, urak-urakan, mabuk, pergaulan bebas, termasuk menyebar hoax dan ujaran kebencian di medsos. Kita koordinasi dan datang ke sekolah untuk memberikan motivasi dan pemahaman kepada pelajar,” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s