Gunung Kilauea di Hawaii Erupsi, Ribuan Warga Mengungsi

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT Gunung api Kilauea di Hawaii mengalami erupsi, dengan lava dilaporkan mulai keluar dari retakan tanah yang ada di dekat area permukiman setempat. Ribuan warga setempat diperintahkan untuk mengungsi.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Jumat (4/5/2018), erupsi terjadi setelah rentetan gempa bumi mengguncang Big Island, yang merupakan pulau terbesar di Hawaii, dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya gempa 5 SR yang mengguncang pada Kamis (3/5) pagi, pukul 10.30 waktu setempat. BEST PROFIT

Perwakilan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), terutama yang ditempatkan di unit Observatorium Gunung Api Hawaii bergegas ke lokasi untuk menakar erupsi Gunung Kilauea. BESTPROFIT

Warga yang tinggal di area Puna, yang berpenduduk 10 ribu orang, diperintahkan untuk segera mengungsi ke tempat aman. Perintah mengungsi dirilis usai otoritas setempat mendapat laporan soal keberadaan awan panas dan lava dari retakan yang muncul di tanah dekat permukiman warga.

“Ada emisi awan panas dan lava dari sebuah retakan di subdivisi Leilani di area Mohala Street,” demikian laporan Dinas Pertahanan Sipil Hawaii. Retakan di tanah yang baru muncul itu menjadi perhatian khusus otoritas setempat.

Tayangan dari media lokal menunjukkan aliran lava mengular di dalam hutan. Salah satu warga setempat, Ikaika Marzo, menuturkan kepada media lokal Hawaii News Now bahwa dirinya melihat ‘air mancur’ lava setinggi 38 meter.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan abu vulkanis berwarna merah muda membubung ke udara, dari kubah Pu’u O’o pada Gunung Kilauea. Otoritas setempat memperingatkan adanya aliran lava, api, asap dan gempa lanjutan. Bahaya juga termasuk potensi munculnya gas sulfur dioksida yang mematikan di zona dekat gunung api itu.

Gubernur Hawaii, David Ige, menyatakan dirinya telah mengaktifkan Garda Nasional Hawaii untuk membantu penanganan situasi darurat. Ige mengimbau warga untuk mematuhi setiap instruksi dari otoritas setempat, terutama Dinas Pertahanan Sipil Hawaii. “Tolong waspada dan bersiap sekarang untuk menjaga keluarga Anda tetap aman,” ucap Ige via Twitter.

Gunung Kilauea merupakan gunung api paling aktif dari lima gunung api yang ada di Hawaii. Gunung api ini terus mengalami erupsi selama lebih dari tiga dekade terakhir.

USGS melaporkan, lava yang keluar dari Gunung Kilauea telah menutupi area seluas 124 kilometer persegi. Bagian tepi aliran lava diperkirakan bisa mencapai suhu 2.100 derajat Fahrenheit atau setara 1.148 derajat Celsius.

Sumber : detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s